Sunrise di Dieng

Dieng – Menikmati matahari terbit memang suatu kepuasan tersendiri di banding dengan menikmati obyek wisata yang lain. Jika anda sedang berada di Dieng, dari dataran tinggi hingga bukit dan gunung bisa dikunjungi untuk menyaksikan keindahan panorama Sunrise. Menikmati suasana Sunrise yang asyik di Dieng, tidak harus dengan berjalan kaki dengan lama. Kalo ingin sekedar menikmati Sunrise di Dieng sambil memotret di alam bebas dengan pemandangan indahnya anda tak perlu, anda cukup berjalan kaki 20an menit sampai puncak Sikunir.

Spot Berburu Sunrise di Dieng yang bikin kamu ketagihan

Melihat pemandangan alam selalu membuat decak kagum akan kekuasaan Allah Ta’ala. Betapa indahnya ciptaan-Nya. Tanpa celah dan cacat sedikit pun. Bahkan terkadang pemandangan tersebut mendatangkan kedamaian di hati. Suasana yang lagi tidak enak, dikarenakan beberapa sebab (kebanyakan kesibukan pekerjaan) tentunya ingin segera dihilangkan dari diri ini. Walaupun sejenak menikmati pemandangan, yang mungkin tidak membutuhkan uang banyak. Bisa membuat kita tenang. Namun banyak sekali orang yang mengira ketika harus melihat pemandangan yang indah harus ditempat yang jauh. Dan biasanya yang sering diburu oleh para penikmat jalan-jalan adalah momen sunrise maupun sunset.
Kedua momen inilah yang bisa membuat seseorang rela untuk bangun sebelum matahari memunculkan batang hidungnya. Momen tersebut dapat membuat orang-orang betah untuk berlama-lama menikmati pancaran sinar matahari. Ada perasaan puas setelah bisa menikmati sunrise maupun sunset. Apalagi ditemani oleh keluarga, teman dan orang yang kita sayangi, tentunya menambah hangat suasana saat itu.

Berikut Spot Berburu Sunrise di Dieng

Sunrise Sikunir
sikunir

Urutan pertama tempat untuk menikmati sunrise di Dieng adalah bukit Sikunir. Lokasi tempat ini berada di Kawasan Wisata Dieng, tepatnya di Desa Sembungan (Desa tertinggi di Jawa Tengah katanya he..). Selain menjadi tempat untuk menikmati sunrise, tempat tersebut juga bisa untuk camping. Untuk menuju ke Bukit Sikunir memerlukan waktu sekitar 20 menit naik kendaraan roda dua ataupun roda empat, setelah sampai di tempat parkir Desa Sembungan anda masih harus jalan kaki untuk sampai ke Puncak Bukit Sikunir, jalan kaki ke Puncak memerlukan waktu sekitar 20-30 menit tergantung kondisi tubuh kita, penuh perjuangan agar sampai ke puncak Sikunir, namun setelah sampai ke Puncak 1 (Puncak 4, 3, 2, 1) dan cuaca mendukung maka perjalanan anda akan terbayar dengan keindahan yang bisa kita lihat dari puncak Sikunir Dieng. Dimusim liburan, long weekend dan hari libur, meskipun perjalanan ke atas harus jalan kaki, namun Sunrise Bukit Sikunir selalu ramai dikunjungi dari anak-anak hingga lansia.

Sunrise Gunung Prau

Gunung PrauSunrise dari Puncak Gunung Prau memang menyajikan panorama keindahan tersendiri bagi para pendaki, baik pendaki pemula maupun pendaki yang sudah berpengalaman, di ketinggian 2.565 MDPL, terletak pada koordinat 7°11′13″LU 109°55′22″BT, Gunung Prahu merupakan tapal batas antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo. Puncak Gunung Prahu merupakan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Bukit-bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan dapat kita jumpai di puncak. Gunung Prahu merupakan puncak tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, dengan beberapa puncak yang lebih rendah di sekitarnya, antara lain Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun, dan Gunung Juranggrawah.
Untuk mendaki ke Gunung Prau, bisa melalui beberapa Basecamp yang ada, diantaranya :
Setidaknya ada tiga jalur yang dapat digunakan untuk mendaki Gunung Prahu, yaitu :

  • Jalur Patak Banteng, Wonosobo.
  • Jalur Diengkulon, Batur, Banjarnegara.
  • Jalur Dieng, Kejajar, Wonosobo.
  • Jalur Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang.
  • Jalur Kenjuran, Kendal.

 

Sunrise dari Gardu Pandang Tieng

Lokasi tempat ini tidak jauh dari Kawasan Wisata Dieng, bahkan Gardu Pandang akan anda lewati jika ke Dieng via jalur Wonosobo. Terletak di atas Desa Tieng dikaki bukit Sikunir, tak perlu jalan kaki untuk menuju ke Gardu Pandang Tieng karena letaknya pas di pinggir jalan raya menuju ke Dieng. Meskipun spot pemandangan Sunrise tidak sebagus dari Sikunir dan Puncak Gunung Prau, namun anda tetap di suguhi dengan bentangan awan yang menutupi Desa-desa di lereng Dieng. Biasanya Sunrise dari Gardu Pandang Tieng ini menjadi alternatif melihat matahari terbit bagi sebagian orang yang tidak ingin berjalan kaki ke Bukit Sikunir maupun Puncak Prau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *